20110524

[Baris Perintah] du - untuk mengetahui ukuran direktori

du - biasa digunakan untuk mencari ukuran sebuah direktori, walau sebenarnya du adalah perintah untuk mencari ukuran pada sebuah file, dan untuk mendapat ukuran direktori di lakukan secara rekursif pada seluruh file di direktori tersebut, lalu diberikan total dari akumulasi ukuran tiap file.

Penggunaannya sebagai berikut:

du [OPTION]... [FILE]...

dimana OPTION akan memudahkan kita dalam pencarian informasi, sedangkan FILE diisi dengan file yang inginkan, dapat digunakan lebih dari satu file.

$ du foo.txt bar.txt
10  foo.txt
20  bar.txt

Ini bentuk sederhana yang hanya mengeluarkan ukuran tanpa postfix seperti K, M, atau G. Untuk mendapatkan postfix tersebut digunakan opsi:

$ du -h foo.txt
10K    foo.txt

-h, --human-readable berarti formatnya dipermudah dengan menambahkan postfix.

$ du foobar/
34    foobar

Direktori foobar berisi file foo.txt dan bar.txt, nilai 34 di ambil dari akumulasi foo.txt, bar.txt dan direktori foobar/ (direktori mempunyai ukurannya sendiri yaitu 4 KB)

$ du -a foobar/
10    foobar/foo.txt
20    foobar/bar.txt
34    foobar/

-a, -all digunakan agar format output dari du juga menyisipkan ukuran tiap file, karena tanpa opsi -a hanya menampilkan ukuran tiap direktori serta sub-direktori saja.

$ du -sh foobar/
34K    foobar

-s, --summarize hanya menampilkan total keseluruhan direktori beserta file-nya tambahkan opsi -h untuk mendapatkan format yang mudah dibaca.

Jika menjalankan perintah du tanpa file input, maka dia akan memeriksa pada direktori yang sedang aktif saja.

Selain opsi-opsi diatas, terdapat opsi lain, seperti:

-S, --seperate-dirs ukuran sub-direktori tidak akan di ikutkan dalam akumulasi, jadi jika didalam foobar/ ada direktori barfoo/ dengan ukuran 4K, dan dengan opsi -S maka hasilnya akan tetap 34K.

--exclude=PATTERN opsi ini akan menyingkarkan file yang mempunyai bentuk sesuai dengan PATTERN, dan ini bukan regular expression, hanya shell pattern yang sederhana seperti tanda ? akan mencocokan pada satu karakter saja dan tanda * akan mencocokan pada string apapun, contoh;

Jika direktori foobar/ mempunyai file header.c dan main.c, lalu:

$ du -a --exclude="*.c" foobar/
10    foobar/foo.txt
20    foobar/bar.txt
34    foobar/

Maka yang tampak hanyalah foo.txt, bar.txt, dan foobar/, file header.c dan main.c dihilangkan karena mereka termasuk dalam PATTERN.

No comments:

Post a Comment